Tabel Berat Badan Bayi serta perhitungannya » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Tabel Berat Badan Bayi serta perhitungannya

Berat Badan Bayi – Setiap bayi yang dilahirkan memiliki berat badan serta tinggi badan yang berbeda . Rata – rata bayi yang dilahirkan memiliki berat normal antara 2,5 kg hingga 4,5 kg. Faktor yang berat badan yang mempengaruhi bayi yang baru lahir ialah kesahatan, keturunan serta nutrisi yang dikonsumsi saat mengandung. penting juga anda mengetahui berat badan ideal janin ketika sebelum bayi anda lahir.

Berat Badan Bayi

Maka dari itu bagi ibu hamil supaya tetap mengkonsumsi makanan serta buah – buahan yang memiliki nutrisi tinggi agar berat badan bayi tetap normal serta dalam keadaan sehat. Sedemikian itu juga setelah dilahirkan perubahan berat badan bayi sangat cepat, bisa turun bisa juga naik.

Berat Badan Ideal Bayi

Mungkin ada ibu – ibu yang bertanya berapa sih berat ideal seorang bayi ? Berikut ini ialah tabel berat badan ideal buat bayi berdasarkan usia. Jika kurang dari standar itu artinya bayi anda kekurangan asupan nutrisi, jika ternyata lebih dari standar dalam tabel berarti bayi anda mengalami kelebihan nutrisi.

Tabel Berat Badan Bayi

Dibawah ini merupakan tabel berat badan ideal bayi sesuai dengan umur atau usia bayi anda.

tabel berat badan ideal bayi

  • Berat Ideal Bayi Usia 0-3 bulan ialah 2,7 kg – 5,7 kg
  • Berat Ideal Bayi Usia 4-6 bulan ialah 5,0 kg – 7,4 kg
  • Berat Ideal Bayi Usia 7-9 bulan ialah 8,0 kg – 8,9 kg
  • Berat Ideal Bayi Usia 10-12 bulan ialah 9,3 kg – 9,9 kg
    dst lihat pada tabel diatas

Cara menghitung berat badan bayi

Buat ibu atau ayah yang ada dirumah dapat menghitung berat bayi menggunakan rumus yang telah diterapkan WHO, cari tahu berapa berat bayi ibu , apakah masih dapat kondisi berat badan yang ideal ?

Buat anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4

Buat anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umure (thn)) + 8

Tapi hati-hati jika menghitung berat badan ideal bayi, seperti contoh :

Anak balita usia 2 tahun 10 bulan, Jadi ditulis sebagai n = 2,10 serta berikutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n) jadi hasilnya ialah 4,20.

Hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8,karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan,20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4 + 1,8 = 5.8

4,20 berubah menjadi 5,8, baru setelah itu ditambah dengan 8. Maka Berat badan Idealnya ialah 13,8 kg

3 dasar berat badan ideal bayi  buat mengetahui pertumbuhan bayi bunda normal atau kurang, bunda bisa melakukan dengan menggunakan 3 pengukuran dasar, yaitu :

  1. Berat Badan : Hal ini tentu memberikan informasi apakah berat badan ideal bayi telah tercapai sesuai dengan standar WHO.
  2. Tinggi Badan : Hal ini juga memberikan informasi yang sama seperti halnya pengukuran berat badan di atas.
  3. Lingkar Kepala : Pada pengukuran lingkat kepala dokter sanggup mendeteksi jika terjadi penyakit maupun ketidakwajaran didalam pertumbuhan bayi bunda.

Yang harus bunda lakukan buat mengejar pertambahan berat badan ideal bayi bunda ialah memastikan kebutuhan energi serta nutrisinya terpenuhi. Kebutuhan gizi usia 1-3 tahun ialah sebagai berikut :

  • Energi : 1000 kkal
  • Protein : 25 gram
  • Kalsium : 500 mg
  • Zat besi : 8 mg

Cara Alami Menambah Berat Badan Bayi

Bunda jangan khawatir jika bayi bunda kekurangan berat badan, karena admin telah membagikan informasi mengenai cara alami menambah berat badan bayi baik itu usia 6 bulan, 7 bulan, 10 bulan, maupun 1 tahun. artikel cara menambah berat badan bayi  sudah admin buat sebelum artikel ini, silahkan Baca : Cara Alami menambah berat badan bayi

Penutup

Itulah pengetahuan mengenai berat badan bayi ideal, disertai dengan cara menghitung berat badan ideal bayi dan lengkap dengan tabel berat badan ideal bayi, sehingga bunda dapat mencocokan berat badan bayi bunda dengan tabel berat badan bayi, Semoga berat badan bayi bunda cukup dan ideal, jika memang berat badan bayi bunda kekurangan mungkin bisa memberikan asupan makanan yang bergizi, artikel tentang makan bergizi bayi bisa dibaca di postingan sebelumnya Baca : Makanan Bergizi untuk buah hati

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :