Berat Badan Ideal Bayi Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Berat Badan Ideal Bayi Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Berat badan ideal bayi merupakan salah satu kriteria yang sering diperhatikan para ibu untuk mengetahui kesehatan anaknya. Bahkan, ibu dapat memeriksa berat badan anak sejak dia masih berada di dalam kandungan. Kendati demikian, perlu diketahui jika tumbuh kembang anak akan mempengaruhi berat maupun tinggi badannya. Selain asupan makanan untuk tubuh, jenis kelamin juga memberi pengaruh terhadap berat badannya.

Berat Badan Ideal Janin

Sebagai acuan, ibu dapat melihat tabel berat badan ideal bayi. Namun, perlu diperhatikan jika tabel ini hanya memperlihatkan angka rata-rata tidak selalu menunjukkan ukuran pasti dari berat badan anak Anda. Bisa saja anak Anda memiliki berat badan di bawah atau di atas kisaran tabel. Selama angkanya tidak jauh dari rata-rata, maka bisa dikatakan berat badan anak Anda normal.

Sebelum mengetahui berat badan ideal bayi dalam kandungan, ibu perlu mencatat berat badan sendiri. Dari patokan tersebut, ibu dapat mengetahui apa tubuh Anda tergolong normal, kurus, atau gemuk. Sehingga, ibu juga tahu berapa pertambahan berat badan sendiri saat janin di dalam kandungan mulai tumbuh.

Untuk mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT) sebelum hamil, ibu dapat menggunakan rumus berat badan (BB) dalam ukuran kilogram dibagi tinggi badan (TB) dalam ukuran meter. Setelah itu, Anda dapat mencocokannya dengan pertambahan badan ideal tubuh saat memasuki masa kehamilan.

  • Untuk kategori kurus (IMT kurang dari 18,5 kg), pertambahan beratnya berkisar di 12,5 hingga 18 kg.
  • Untuk kategori normal (IMT 18,5 hingga 24, kg) pertambahan beratnya berkisar 11,5 hingga 16 kg.
  • Untuk kategori gemuk (IMT 15 hingga 29,9) pertambahan beratnya berkisar 7 hingga 11,5 kg.

Berat  Badan Ideal Bayi

Berat badan bayi yang baru lahir normalnya sekitar 2,7 hingga 3,4 kg, dengan tinggi badan 50,5 hingga 40,4 cm. Dengan berat rata-rata ini, ibu perlu menjaga kondisinya agar terus stabil dengan asupan ASI dan istirahat yang cukup. Jika berat badannya berada jauh dari angka tersebut, ibu perlu melakukan penanganan secepatnya dengan menghubungi dokter, karena bisa saja bayi tersebut mengalami kelainan atau penyakit yang tidak terdeteksi sebelumnya di masa kehamilan.

Baca Juga :

Untuk mengawasi tumbuh kembangnya, ibu dapat terus menggunakan tabel berat badan ideal. Misalnya, ibu ingin mengetahui berat badan ideal bayi 3 bulan. Dalam tabel, rata-rata berat badan bayi di usia tersebut sekitar 4,6 hingga 5,7 kg. Ibu tidak perlu cemas jika angkanya berbeda sedikit dan terus beri asupan nutrisi dan gizi agar bayi tetap sehat. Dengan pemberian asupan yang tepat, berat badan ideal bayi 1 satu tahun biasanya akan mencapai 7,9 hingga 9,9 kg. Maka, dengan konsistensi ibu dalam merawat sang buah hati, berat badan ideal bayi 5 tahun akan berada di angka 14,7 hingga 18,4 kg.

Berat  Badan dan Tinggi Ideal Berdasarkan Jenis Kelamin

Seiring bertambahnya usia, ibu harus memperhatikan berat badannya bukan berdasarkan kisaran rata-rata saja, tetapi juga jenis kelaminnya. Sebab, berat badan ideal bayi perempuan maupun laki-laki akan semakin kontras terlihat. Misalnya, berat badan ideal bayi 10 tahun. Pada anak perempuan, berat badannya akan berada di kisaran 33 kg dengan tinggi 137 cm. Sedangkan berat badan ideal bayi 11 tahun akan berbeda lagi. Untuk perempuan, berat badannya rata-rata 35,9 kg dengan tinggi mencapai rata-rata 140 cm.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :