Cara Alami Mengatasi Batuk Pada Bayi » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Cara Alami Mengatasi Batuk Pada Bayi

Mengatasi batuk pada bayi secara alami sebaiknya lebih diutamakan oleh Bunda, dibandingkan dengan pemberian obat-obatan yang mengandung zat kimia, karena kondisi tubuh bayi yang masih sangat rentan terhadap efek samping. Saat seorang bayi mengalami batuk maka Ia akan cenderung rewel atau seringkali menangis, sehingga membuat orang tua yang baru memiliki anak pertama, seringkali bingung dan cemas melihat keadaan buah hatinya, maka dari itu berkonsultasi dengan ibu-ibu yang sudah senior seperti ibu kandung, ibu mertua, kakak atau teman yang sudah pernah memiliki bayi mungkin akan sedikit membantu mengurangi kepanikan. Untuk membantu Ibu mengatasi batuk pada buah hati, berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi batu pada bayi sesuai dengan usianya.

Mengatasi batuk pada bayi baru lahir

Batuk pada bayi yang baru lahri biasanya disebabkan oleh virus dari golongan RNA (asam ribonukleat) atau bakteri yang terkadang menginfeksi bayi, sehingga menyebabkan bayi batuk. Batuk yang dialami oleh bayi yang baru lahir umumnya berlangsung sekitar 2-3 hari. Cara alami mengatasinya adalah dengan memberikan ASI, agar bisa membantu meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh. Namun bila batuk tidak juga sembuh selama lebih dari 1 minggu, maka sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter, karena kemungkinan terdapat cairan atau lendir di tenggorokan yang bisa disedot dengan menggunakan alat penyedot lendir agar tenggorokan dan napas bayi lega.

Mengatasi batuk pada bayi 1 bulan

Kondisi bayi yang masih rentan terhadap berbagai virus dan bakteri membuatnya akan sangat mudah tertular dengan penyakit yang berkembang disekitarnya, maka dari itu bila ada anggota keluarga yang menderita batuk, sebaiknya jangan berdekatan dengan bayi atau menggunakan masker, agar bayi dapat terhindar dari batuk. Namun bila bayi sudah menderita batuk maka cara alami terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memberikan ASI eksklusif yang akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, sehingga mempercepat proses penyembuhan, pemberian minyak telon atau minyak kayu putih diseluruh bayi akan membuatnya merasa hangat dan lebih nyaman.

Mengatasi batuk pada bayi 2 bulan

Pengobatannya hampir sama dengan bayi 1 bulan yaitu dengan mengandalkan ASI dan pijatan lembut ibu pada bayi dengan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih untuk melegakan pernafasan dan menghangatkan tubuh. terapi uap di kamar mandi juga bisa Anda lakukan selama 5-15 menit, dan memberikan setiap pagi dan malam hari madu asli kepada sang bayi, agar memiliki sistem imunitas yang lebih baik untuk melawan virus penyebab batuk secara alami.

Mengatasi batuk pada bayi 3 bulan

Pada dasarnya pengobatan alami bayi umur 1-3 bulan hampir sama, karena pada usia ini bayi sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan ASI eksklusif, karena itu sangat diharapkan untuk Ibu menjaga kualitas ASI, agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi, pemberian madu dan pemijatan lembut dengan minyak telon atau minyak kayu putih akan membuat tubuh bayi lebih hangat dan akan membuat tidur lebih nyenyak, dengan waktu tidur yang cukup maka secara alami akan mengusir virus penyebab  batuk.

Mengatasi batuk pada bayi 4 bulan

Saat usia bayi sudah beranjak 4 bulan sebaiknya tetap menghindari pemberian obat-obatan yang mengandung zat kimia karena bila ibu tanpa sengaja memilih obat yang salah maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan buah hati. Pemberian campuran madu dan jeruk nipis bisa menjadi pilihan alternatif untuk menyembuhkan batuk. Caranya : siapkan jeruk nipis, madu dan air putih, setelah itu campurkan madu, perasan jeruk nipis dan air putih, aduk sampai merata, setelah itu kukus sampai mendidih, ankat dan tunggu hingga suhu berubah hangat, setelah itu berikan kepada sang bayi 1 sendok teh 1-2 kali sehari, sampai sembuh.

Mengatasi batuk pada bayi 6 bulan

Pada usia 6  bulan sebenarnya bayi telah memperoleh imunisasi yang bertujuan untuk mencegah tubuh bayi terserang virus batuk dan flu, namun bila bayi Anda tetap mengalami batuk maka cara alami untuk menyembuhkannya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan susu bayi bila menggunakan botol, atau mengolesi kunyit pada payudara ibu sebelum pemberian ASI. Ramuan tradisional perpaduan antara perasan air jeruk nipis dan madu juga bisa diberikan 1 sendok the 2-3 kali sehari. Dan yang paling penting adalah pijatan lembut ibu dengan menggunakan minyak akan meningkatkan daya tahan tubuh sang bayi secara alami.

Mengatasi batuk pada bayi 8 bulan

Bila bayi sudah memasuki usia 8 bulan maka sudah bisa diberikan asupan makanan dan minuman selain ASI dan madu. Ramuan herbal perpaduan antara jahe, kunyit, laos dan sedikit madu akan menjadi obat herbal yang sangat efektif untuk menyembuhkan batuk pada bayi. Berikan kepada bayi bayi satu sendok teh di pagi dan malam hari secara perlahan-lahan, jangan sampai tersedak.

Mengatasi batuk pada bayi 1 tahun

Saat bayi sudah berusia 1 tahun, maka itu berarti Ia telah mendapatkan imunisasi lengkap untuk mencegah berbagai virus dan bakteri, dan sistem imunitas dan kekebalan tubuh sudah lebih baik dari pada sebelumnya.  Pemberian kunyit dan madu bisa menjadi pilihan Anda untuk mengobati batuk, karena kunyi mengandung anti-virus, anti-mikroba, anti oksidanm dan anti radang, sehingga sangat baik untuk diberikan kepada buah hati Anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan virus dan bakteri di sekitar secara alami.

Baca Juga :

Ibu hamil dan bayi sering cegukan, inilah solusinya ?

Penyakit kuning pada bayi dan cara pencegahannya

Semoga uraian singkat diatas mengenai cara alami mengatasi batuk pada bayidapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :