5 Cara Mengajari Anak Belajar Menulis Yang Ampuh » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

5 Cara Mengajari Anak Belajar Menulis Yang Ampuh

Cara Mengajari Anak Belajar Menulis – Sejak kecil anak haruslah di ajarkan segala  hal. Salah satunya adalah melatih si anak untuk belajar menulis maupun membaca. Di ajarkan menulis sejak dini akan membuat anak semakin pintar untuk mengenal berbagai tulisan yang ada. Apalagi saat ini sekolah taman kanak-kanak saja sudah menekankan agar anak telah mempunyai kemampuan menulis. Meskipun sedikit bisa menulis nantinya tinggal melatih lebih giat lagi.

Lalu, bagaimana sih agar sejak dini si anak dapat menulis dengan benar? Jika Anda penasaran akan cara mengajari anak belajar menulis dengan benar yang satu ini, yuk simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Mengajari Anak Belajar Menulis Yang Benar

Cara Mengajari Anak Belajar Menulis

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar cara mengajari anak belajar menulis dengan baik yang bisa Anda coba. Adapun beberapa informasinya sebagai berikut ini:

Mengajarkan Untuk Memegang Pensil Dengan Benar

Dalam menulis pasti di butuhkan sebuah alat untuk menggores kertas yang kosong agar membentuk tulisan. Alat yang digunakan ini biasanya berupa pensil maupun tinta. Nah dalam cara mengajari anak belajar menulis secara benar yang bisa dilakukan pertama kali adalah mengenalkannya pada pensil. Berikan sesekali anak pensil nantinya, Anda bisa mengajarkannya bagaimana cara menggunakan dengan memegang dengan benar. Ajarkan  anak menggunakan tangan kanan, kemudian latihan jari jemarinya untuk memegang pensil. Yaitu menggunakan ibu jari serta jari telunjuk. Dan untuk jari lainnya biarkan  bersembunyi dengan cara di tekuk seperti  biasanya.

Ajarkan Anak Beberapa Huruf Setiap Harinya

Cara mengajari anak belajar menulis sejak dini yang selanjutnya mengajarkan menulis huruf dengan benar. Ajarkan beberapa huruf dari awal setiap  harinya  dengan berulang ulang. Pastikan Anda mengajarkannya dengan pelan dan penuh kesabaran. Penulisan huruf pastikan telah rapi urut mengikuti  baris buku yang di tentukan. Secara peroleh dan penuh kesabaran maka si anak nantinya dapat menulis huruf dengan rapi.

Menulis Dengan Bermain Juga Dapat Di Ajarkan

Mengajarkan anak menulis ternyata bisa di lakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja mengajari menulis dengan melakukan sebuah permainan maupun hanya bermain. Cara mengajari anak belajar menulis sejak kecil yang satu ini akan membuat anak semakin berminat untuk menulis. Untuk permainan menulis Anda bisa mengajarkan si anak dengan menebak suatu gambar. Hal ini pastinya akan di mengerti oleh anak-anak.

Latihan Agar Otot Tangan Si Anak Agar Terbiasa

Selain membiasakannya untuk memang pensil, Anda sebagai orang tuanya harus membiasakan anak untuk menulis juga. Semakin sering anak menulis maka otot tangan akan terbiasa dan mereka akan lebih muda lagi untuk menulis dengan kualitas tulisan yang semakin baik lagi. Namun, perhatikan juga saat menulis apakah tulisan yang dihasilkan telah rapi atau tidak. Bila kurang rapi, Anda dapat mengajarkan si anak agar dapat menulis secara rapi.

Memberikan Sebuah Tugas Menulis

Jika si anak sudah mulai pintar dalam menulis. Anda bisa memberikannya beberapa tugas  untuk menulis sesering mungkin. Cara mengajari anak belajar menulis dengan tepat yang satu ini perlu dicoba. Untuk tugas menulisnya dari mulai kosakata maupun kalimat yang tidak terlalu sulit dan panjang. Bahkan Anda bisa menggunakan nama lengkap si anak  sebagai tugasnya. Dengan begitu si anak akan mengerti dan hafal bagaimana cara menulis namanya dengan benar dan baik.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mengajari anak belajar menulis agar terbiasa yang bisa Anda ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih 🙂

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :