Inilah Cara Menghitung Umur Kehamilan Yang mudah Wajib Dicoba - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Inilah Cara Menghitung Umur Kehamilan Yang mudah Wajib Dicoba

Cara Menghitung Umur Kehamilan – Para ibu hamil  pastinya akan bertanya bagaimana cara untuk menghitung usia saat kehamilan. Namun sebelum itu apa sih usia kehamilan? usia kehamilan adalah panjang dari waktu kehamilan dihitung sejak hari pertama periode menstruasi terakhir. Biasanya usia kehamilan dinyatakan dalam minggu dan hari. Sehingga lebih rinci dan jelas daripada menghitung secara perbulan.

Untuk menghitung usia kehamilan bagi dokter kandungan pun sangat mudah. Tapi bila ibu hamil juga ingin memprediksi usia kehamilan tersebut tentunya akan lebih sulit. Jika Anda memang ingin mempelajari beberapa metode untuk menghitung usia kehamilan. Berikut ini kami akan mengulas cara menghitung umur kehamilan yang benar yang bisa Anda coba.

Cara Menghitung Umur Kehamilan Yang Tepat

Cara Menghitung Umur Kehamilan

Di bawah ini admin Gizi Bayi akan mengulas informasi seputar cara menghitung umur kehamilan dengan benar yang bisa Anda coba. Adapun beberapa cara menghitung diantaranya adalah:

Menghitung Umur Kehamilan Metode Kalender

Seperti yang kita ketahui jika patokan untuk menghitung umur kehamilan adalah hari pertama haid terakhir atau HPHT. Cara menghitung umur kehamilan secara cepat yang satu ini juga dapat menentukan perkiraan hari lahir. Sehingga yang diperlukan adalah Anda harus mengingat kapan hari pertama haid terakhir. Dengan mengingat tanggal tersebut nantinya penghitungan usia kehamilan dapat dilakukan dengan mudah. Namun untuk penghitungan yang satu ini tidak berlaku untuk para ibu hamil dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur. Untuk menghitungnya dapat menggunakan rumus Neagele yaitu (tanggal hpht + 7), (bulan pada haid terakhir – 3), (tahun haid terakhir + 1). Dengan rumus yang mudah tersebut anda akan bisa menghitung usia kehamilan.

Menghitung Dengan Memeriksakan USG

Cara menghitung umur kehamilan yang mudah lainnya adalah menggunakan pemeriksaan USG. Tentunya semua para ibu hamil akan tahu jika USG sangatlah akurat untuk memeriksa perhitungan umur kehamilan. Hal yang satu ini terjadi karena USG dapat menghitung dengan akurat mencapai 95%. Sehingga benar-benar akurat dan tak akan luput dari perkiraan Anda akan melahirkan.

Biasanya untuk menghasilkan perhitungan yang akurat para dokter lebih meminta sang ibu untuk memeriksakan USG pada minggu ke 8 serta 18. Perhitungan yang dilakukan biasanya seperti mengukur diameter kantung kehamilan. Mengukur panjang janin serta mengukur lingkar kepala janin. Dengan beberapa metode cara tersebut dokter akan memperkirakan umur kehamilan Anda secara cepat.

Menghitung Dengan Tinggi Puncak Rahim

Untuk cara menghitung umur kehamilan dengan mudah yang satu ini dapat dilakukan oleh dokter. Untuk menghitungnya biasanya mereka menghitung jarak dari tulang kemaluan hingga bagian puncak rahim. Biasanya mereka akan menggunakan pita ukur yang sesuai. Seperti yang kita ketahui memang cara ini terkesan sederhana namun jika dokter telah memperkirakan hasilnya akan benar-benar akurat.

Dalam memperkirakan usia kehamilan sang ibu, dokter akan mengukur jarak di tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika jarak yang telah diukur mencapai 30 cm maka dalam artian usia kehamilan Anda sudah mencapai 30 minggu. Dengan begini semakin jauh jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim maka usia kehamilan Anda semakin besar dan lebih lanjut. Sehingga Anda pun juga semakin dekat ke HPL.

Baca juga: Tabel Berat Badan Bayi Serta Perhitungannya

Nah begitulah moms Bagaimana cara menghitung umur kehamilan dengan tepat yang bisa Anda coba. Tentu dengan menyimak artikel ini secara jelas dan singkat Anda dapat mengerti untuk menghitung usia kehamilan sendiri. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih 🙂

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :