Informasi Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Informasi Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Perkembangan Bayi 8 Bulan – Tahukah Anda apa saja informasi perkembangan bayi usia 8 bulan yang dapat diketahui? Dalam menjalani peran sebagai Ayah terlebih yang mengawasi setiap saat merupakan peran ibu. Alangkah baiknya jika memiliki anak pertama yang masih kecil kurang lebih usianya delapan bulan. Mulailah mencari tahu mengenai perkembangan yang terjadi pada usia delapan bulan. Dengan pengetahuan yang banyak akan membantu Anda dalam mengetahui perkembangan apa saja yang ada pada diri anak di rumah. Berikut ini akan dijelaskan mengenai perkembangan bayi diusia delapan bulan untuk panduan para orang tua.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Adapun informasi perkembangan bayi usia 8 bulan yaitu :

Merangkak dan berdiri

Pada bayi dengan usia 8 bulan maka biasanya akan menunjukkan kemampuan untuk dapat merangkak dan berdiri. Hal ini karena pada bayi usia 8 bulan mulai dapat berdiri tanpa bantuan dari orang lain. Biasanya pada usia ini bayi sudah cerdas karena akan berpegangan dengan benda yang ada disekitarnya untuk merangkak dan merambat. Dengan kemampuan ini maka dapat berjalan dengan bantuan pegangan dengan benda yang ada disekitarnya. Apabila demikian yang terjadi alangkah baiknya diperlukan pengawasan yang rutin dan berhati-hati. Namun apabila bayi usia 8 bulan belum bisa merangkak maka mulailah dengan mengajarinya secara rutin dan teratur. Agar bayi dapat terlatiih untuk merangkak dan berdiri.

Tumbuh gigi

Bayi usia 8 bulan belum tumbuh gigi? Tentunya Anda akan merasa khawatir mengenai perkembangan ini. Terlebih sebagai orang tua yang baru saja memiliki keturunan pastilah akan merasa cemas. Apabila mengalami hal ini sebaiknya menghindari stress dan mulai meningkatkan pikiran positif mengenai hal ini. Semua ini dilakukan untuk dapat membantu mengurangi stress yang berdampak pada anak. Pada usia ini bayi yang belum tumbuh gigi sebaiknya diberikan makanan tambahan yang mengandung banyak kalsium. Selain itu mulailah dengan mengkonsumsi susu berkalsium untuk ibu yang sedang menyusui. Susu yang paling bagus adalah susu asli misalnya kambing, kerbau, sapi dan masih banyak lainnya.

Belum bisa duduk sendiri

Apabila bayi usia 8 bulan belum bisa duduk sendiri maka mulailah dengan melatihnya namun jangan khawatir berlebihan. Hal ini karena akan berpengaruh pada perkembangan psikologi bayi Anda tersebut. Anda bisa melatihnya di rumah namun jika belum ada perkembangan dalam beberapa waktu sebaiknya mulailah dengan mengkonsultasikan kepada dokter. Sebenarnya banyak juga anak-anak yang mengalami perkembangan lambat misalnya saja dari bisa tidur, duduk, berdiri dan jalan. Ada juga anak yang tidak rentet dalam perkembangannya namun hal ini wajar adanya seperti beberapa contoh yang ada disekitar rumah kita.

Perkembangan bayi usia 8 bulan keatas

Pada perkembangan bayi usia 8 bulan keatas biasanya akan menunjukkan beberapa hal. Beberapa hal yang menjadi perkembangannya antara lain yaitu motorik kasar, motorik halus, perkembangan sosial emosi, kognitif, bahasa, kemandirian dan pertumbuhan. Beberapa contohnya adalah menggaruk, mengambil benda disekelilingnya, mengenali orang, melakukan aktifitas yang disukainya dan masih banyak lainnya.

Baca ini juga :

Makanan

Pada saat kita memberikan makanan bayi usia 8 bulan keatas sebaiknya memilihkan jenis makanan yang dapat melatih perkembangan giginya. Hal ini karena pada usia ini gigi bayi Anda sudah tumbuh dan dapat digunakan untuk mengunyah. Beberapa jenis makanan yang dapat diberikan adalah potingan buah, roti susu yang empuk dan beberapa jenis makanan lainnya.

Mainan

Anak yang berusia delapan bulan memiliki kecenderungan memasukkan apapun ke mulutnya. Untuk itu sebaiknya memilih jenis mainan bayi usia 8 bulan keatassebaiknya dipilih yang aman mengenai jenis mainan jangan yang bermaterial kecil, jenis cat yang digunakan dan sebaiknya tertera mengenai usia bayi yang tertera pada mainan.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :