Makanan dan Buah Untuk Bayi 6 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Makanan dan Buah Untuk Bayi 6 Bulan

Memilih makanan dan buah untuk bayi 6 bulan ternyata menjadi salah satu pembahasan yang cukup banyak ingin diketahui oleh ibu-ibu yang memiliki bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan, karena ternyata setiap bayi memiliki makanan favorit tersendiri. Namun yang paling penting adalah bila memiliki waktu dan kesempatan untuk membuat dan meracik sendiri bubur dan buah untuk dikonsumsi si kecil, maka lebih dianjurkan untuk membuatnya sendiri dari pada membeli yang sudah jadi, karena selain Ibu bisa mengawasi sendiri kebersihan dan komposisi bahan makanan yang dibuat, yang terpenting adalah bebas dari bahan pengawet.

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Setelah melihat reaksi positif sang bayi saat mengkonsumsi bubur susu, maka untuk memperkenalkannya dengan variasi rasa makanan, maka berikut ini beberapa resep makanan sehat untuk bayi 6 bulan, yaitu :

–       Bubur ubi jalar ungu (sumber karbohidrat, vitamin A dan B)

Cara membuatnya :

  1. cuci bersih 1-2 buah ubi jalar ungu,
  2. kukus sampai matang,
  3. kupas,
  4. setelah itu haluskan,
  5. campur dengan air sup atau kaldu ayam/sapi secukupnya,
  6. aduk-aduk sampai kental. Berikan pada buah hati pada saat masih bubur masih hangat.

–       Bubur labu kuning (sumber karbohidrat dengan tekstur yang lembut dan rasanya manis)

Cara membuatnya :

  1. siapkan 1/4  labu kuning,
  2. cuci bersih,
  3. kukus hingga matang,
  4. haluskan, dan campurkan dengan kuah sup atau kaldu ayam/sapi,
  5. aduk sampai mengental dan berikan kepada sang bayi.

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Pada awal semester pertama bayi pemberian makanan sehat pendamping ASI berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh, karena itu sebaiknya makanan pendamping ASI mengandung nutrisi, gizi dan vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang bayi lebih optimal. Untuk memperkenalkna sang bayi dengan makanan pendamping ASI, menu pertama adalah dengan memberikan bubur susu,

caranya :

  1. campurkan 200 ml susu formula dengan 1 sendok makan tepung beras,
  2. setelah itu larutkan tepung kedalam susu formula, dan masak dengan api kecil sampai kental, saring dan berikan pada buah hati.

Bubur susu kentang, bubur susu beras merah, bubur susu pisang atau bubur susu kacang hijau juga sangat baik untuk menjadi makanan pendamping ASI di usia 6 bulan.

Makanan pemula untuk bayi 6 bulan

Saat usia bayi sudah 6 bulan pemberian makanan sehat pendamping ASI berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh, karena itu sebaiknya makanan pendamping ASI mengandung nutrisi, gizi dan vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang bayi lebih optimal. Untuk memperkenalkna sang bayi dengan makanan pendamping ASI, menu pertama adalah dengan memberikan bubur susu,

caranya :

  1. campurkan 200 ml susu formula dengan 1 sendok makan tepung beras,
  2. setelah itu larutkan tepung kedalam susu formula, dan masak dengan api kecil sampai kental, saring dan berikan pada buah hati.

Bubur susu kentang, bubur susu beras merah, bubur susu pisang atau bubur susu kacang hijau juga sangat baik untuk menjadi makanan pemula pendamping ASI.

Makanan untuk bayi 6 bulan keatas

Setelah memperkenal bayi dengan bubur dengan bahan-bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, maka bila bayi sudah memasuki usia 7 bulan keatas maka pemberian bubur dengan variasi rasa dan bahan makanan juga sangat dianjurkan, berikut ini beberapa resep makanan untuk bayi 6 bulan keatas, yaitu :

–       Bubur jangung manis (sumber karbohidrat, rasanya manis)

Cara membuatnya :

  1. siapkan 100 gr jagung manis, pipil, kukus sampai lunak,
  2. lalu campurkan dengan ASI/air matang/ susu formula 100ml,
  3. lalu blender sampai halus, setelah itu saring untuk menghilangkan kulit atau biji. Setelah itu pindahkan di mangkuk makan bayi, dan siap untuk dikonsumsi.

–       Bubur pepaya dan pir

Bubur yang satu ini cukup unik karena terbuat dari campuran buah-buahan yang sangat baik untuk pertumbuhan sistem perncernaan bayi.

Cara membuatnya :

  1. siapkan 30 gr pir kuning, 25 gr pepaya, dan 3 sendok makan perasan jeruk baby/ASI.
  2. Kukus pir sampai matang,
  3. setelah itu haluskan bersama pepaya (blender) sampai halus,
  4. setelah itu tuang ke dalam mangkung, tambahkan dengan perasan jeruk baby/ASI.

Sebaiknya segera di sajikan setelah selesai dibuat.

Jenis sayuran untuk bayi 6 bulan

Agar bayi suka makan sayur atau memiliki lidah yang bersahabat dengan sayur, maka memperkenalkan makanan yang mengandung sayur-sayuran juga sangat penting untuk bayi, karena meskipun rasanya hambar akan tetapi akan selalu terekam dalam memory bayi, sehingga saat sudah besar nanti tidak menolak aneka sayuran yang disajikan. Jenis sayuran yang penting untuk diperkenalkan kepada bayi dan kaya akan nutrisi, gizi, dan vitamin yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak adalah bayam, seledri, labu siam, labu kuning, wortel, brokoli, dan tomat.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :