Memantau Perkembangan Bayi 6 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Memantau Perkembangan Bayi 6 Bulan

Perkembangan Bayi – Di usia 6 bulan sampai dengan  12 bulan perkembangan seorang bayi akan sangat pesat apalagi jika dibarengi dengan bantuan merangsang pertumbuhan serta perkembangannya. ketelatenan dari orangtua pastilah akan sangat dibutuhkan demi tumbuh kembang sang bayi secara maksimal. Beberapa hal berikut ini dapat membantu tumbuh kembang anak Anda mulai dari usia 6 bulan:

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

  • Ajarilah anak Anda untuk duduk tegak tanpa menggunakan sandaran. Jika dibiasakan hal ini akan membantu tulang punggung anak Anda untuk lebih kuat dan stabil ketika duduk
  • Bermain ci luk ba adalah cara merangsang tumbuh kembang bayi dengan cara sederhana, namun cara ini ampuh untuk memperhatikan respon anak Anda pada sesuatu.
  • Ajari juga anak Anda untuk memegang dengan dua jari, hal ini berguna bagi anak Anda ketika memegang biskuitnya sendiri ketika sedang makan. Dengan begitu juga akan melatih tangan dan jarinya ketika memegang benda.
  • Ajari anak Anda memakan makanan secara benar, terutama biskuit karena walaupun biskuit mudah larut namun terkadang sang anak tersedak ketika memakannya. Konsultasikan juga untuk jadwal makan bayi 6 bulan menurut dokter anak, supaya Anda tahu kapan yang tepat untuk sang anak memperoleh jadwal pemberian makan bayi 6 bulan.
  • Semakin tumbuh dan berkembang ajarilah anak Anda untuk berjalan dan juga berdiri dengan berpegangan, bisa berpegangan dengan tangan Anda atau pada meja atau benda yang bisa menjadi sarana memegang ketika belajar berdiri dan berjalan.
  • Biasakanlah Anda sebagai orangtua untuk selalu mengajak anak Anda mengobrol, karena semakin sering Anda mengajak anak mengobrol maka kosakata yang dia simpan dalam memorinya akan semakin banyak.

Meracik Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan bayi tidak hanya konsumsi ASI saja, namun dianjurkan untuk memakan makanan pendukung lainnya demi tumbuh kembang sang bayi. Menu makan bayi 6 bulan tidak begitu sulit karena bayi hanya butuh makanan yang lembut untuk dikonsumsi. Di pasaran memang semakin banyak produk yang ditawarkan bagi sang bayi. Namun jika Anda kuatir dengan produk di pasaran yang memiliki kandungan bahan pengawet yang tidak baik bagi sang bayi, Anda bisa meracik sendiri di rumah untuk membuat makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Nah untuk resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi Anda bisa buatkan untuk sang bayi seperti makanan berikut ini:

  • Bubur Susu

Sebagai makanan pendamping ASI bubur susu tentu sangat baik untuk sang bayi. Bubur susu adalah makanan padat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sang bayi mulai usia 6 bulan, karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna maka akan bagus bagi lambung sang bayi. Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu dengan campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan susu formula atau ASI sebanyak 200 ml. Setelah itu larutkan tepung beras tersebut dengan susu dan aduk hingga tekstur lembut dan merata. Lalu panaskanlah campuran tepung beras dan susu tadi dengan api kecil sampai mendidih, pastikan tidak ada bagian yang menggumpal.

  • Bubur Susu Kentang

Seperti yang kita tahu bahwa tekstur kentang ketika dimasak bisa halus dan teksturnya cocok dikonsumsi bagi bayi. Cara membuatnya pun mudah yaitu dengan mengupas 50 gram kentang dan potonglah kecil-kecil lalu kukuslah sampai lunak. Setelah itu haluskan kentang tersebut dan campur sampai merata dengan susu formula atau ASI. Pastikan mengaduknya hingga lunak berbentuk bubur dan pastikan tidak ada yang menggumpal supaya sang bayi tidak tersedak ketika memakannya.

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :