Memantau perkembangan bayi usia 10 bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Memantau perkembangan bayi usia 10 bulan

Perkembangan Bayi 10 Bulan – Memantau serta mengikuti perkembangan bayi usia 10 bulan memang sungguh membahagiakan, semakin bertumbuh sang bayi semakin pintar dan membuat orangtuanya berdecak kagum serta gemas.

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Perhatikanlah hal berikut pada tumbuh kembang bayi ketika memasuki usia 10 bulan:

  • Sang bayi pada usia 10 bulan akan mampu mengatur posisi duduknya meski tanpa dipegangi
  • Sang bayi sudah mampu memperhatikan benda di dekatnya dan menggunakannya untuk membantu gerakannya. Selain itu sang bayi juga sudah dapat berdiri sendiri dengan durasi cukup lama.
  • Ketika sedang belajar berjalan, Anda dapat membantunya dengan menatihnya dan sang bayi akan melangkahkan dan mengatur langkahnya sedemikian rupa.
  • Pada usia 10 bulan sang bayi sudah dapat menggunakan kedua tanggan dengan lebih baik, selain itu sang bayi juga sudah mulai dapat menggenggam benda dan melakukan gerakan dengan baik.
  • Ketika Anda mengatakan tepuk tangan pada sang bayi, melihat respon yang baik adalah respon dia bertepuktangan dengan gembira.
  • Bayi pada usia 10 bulan jika mendapatkan pujian biasanya akan melakukan gerakan yang sama seperti yang dilakukan sebelumnya. hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa dirinya hebat.
  • Menginjak usia 10 bulan sang bayi juga akan semakin merasakan ikatan yang dekat dengan orangtuanya terutama dengan ibunya. Hal ini membuat sang bayi menjadi sangat posesif dan akan menangis ketika ditinggal oleh ibunya dan tidak mudah mau jika diajak oleh orang lain.
  • Semakin bertumbuh kembang sang bayi di usia 10 bulan akan semakin memiliki rasa ingin tahu pada benda apapun yang dilihatnya. Oleh karena itu bagi orangtua pastikan bahwa lingkungan tempat bermain sang bayi sudah aman dari benda berbahaya apalagi jika bayi usia 10 bulan belum tumbuh gigi

Menu Makanan Bagi Bayi usia 10 Bulan

Pada bayi usia sang bayi yang menginjak 10 bulan gerakan dan peranan anggota tubuhnya akan semakin dinamis dan aktif. pada perkembangan bayi 10 bulan Pastikan makanan yang dikonsumsi oleh sang bayi menghasilkan tenaga yang mencukupi untuk kebutuhan gerak aktifnya sehari-hari. Pastikan nutrisi yang tepat bagi sang buah hati untuk menunjang tumbuh kembangnya, karena bayi usia 10 bulan susah makan dan kekurangan nutrisi akan terlihat lemas dan tidak sehat. Makananan pendamping ASI seperti berbagai macam ikan yang rendah akan kandungan merkurinya bisa menjadi pilihan yang baik bangi makanan sang bayi. Protein hewani tentu akan sangat dibutuhkan oleh sang bayi, jika tidak konsumsi ikan Anda juga bisa menggunakan ayam namun pilihlah yang terbebas dari bahan kimia dan pastikan masih alami. Berikut ini adalah salah satu resep makanan bayi usia 10 bulan keatas yang bisa Anda buat di rumah:

  • Siapkan 40 gram daging ayam (usahakan ayam kampung)
  • 100 gram tahu yang dipotong kecil-kecil
  • 200 gram kentang sebagai sumber karbohidrat
  • 120 ml air putih
  • 25 gram sayuran brokoli dan potong kecil-kecil

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan daging ayam, kentang dan brokoli dalam satu wadah rebus hingga mendidih. Masaklah hingga lunak dan membentuk tim, makanan ini akan mengandung antioksidan tinggi serta nutrisi yang cukup bagi sang bayi. karena itu sangat bagus untuk perkembangan bayi 10 bulan

Terus pantau perkembangan bayi usia 11 bulan

Untuk  membuat cemilan sehat bagi bayi 10 bulan Anda dapat membuat agar-agar tanpa rasa dengan dicampur dengan setengah sendok makan gula putih. Setelah itu tambahkan 2 gelas air, jus mangga dan perasan jeruk mandarin secukupnya dan eebuslah hingga matang. Camilan agar-agar ini akan memberikan energi yang cukup jika dikonsumsi oleh sang buah hati, selain itu kandungan vitamin C nya juga akan menjaga daya tahan tubuh sang bayi.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :