Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dengan Cara Alami » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dengan Cara Alami

Mengatasi Sembelit – Sembelit merupakan penyakit sulit untuk buang air besar, ketika bayi Anda selama beberapa hari kesulitan untuk buang air besar, bayi Anda bisa kena racun makanan yang tidak bisa dikeluarkan pada proses pembuangan sisa makanan. Seharusnya, buang air besar normalnya dilakukan setiap hari, sehingga apabila dalam waktu 36 jam bayi Anda tidak buang air besar juga, maka bisa dipastikan bahwa bayi Anda menderita penyakit sembelit. Maka, artikel kali ini akan membahas mengenai mengatasi sembelit pada bayi. Ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit yang diderita oleh bayi Anda:

Mengatasi Sembeli Pada Bayi

  1. Pastikan terlebih dahulu apakah sembelit atau tidak :

Bayi yang menangis atau rewel belum tentu tanda bahwa dia mengalami sembelit. Ciri-ciri dari sembelit sendiri adalah tidak rutin buang air besar, bayi mengejan karena fases yang keras, dan mungkin bisa terjadi diare. Kasus sembelit pada bayi sangat jarang diderita oleh bayi yang mengkonsumsi ASI. Maka dari itu, bisa dibilang bahwa ASI adalah peranan yang penting bagi bayi, karena bisa mengatasi sembelit pada bayi 1 bulan ataupun diatasnya.

  1. Berikan susu formula dengan takaran yang tepat

Susu formula yang terlalu kental bisa menjadi salah satu penyebab sembelit yang terjadi pada bayi. Ada baiknya, Anda mengikuti saran penyajian yang ada di kemasan, jangan menganggap tidak penting saran penyajian yang sudah disampaikan, karena setiap susu formula yang berbeda merek, berbeda juga takaran penyajiannya. Baca : Tips Memilih susu Formula

  1. Pengobatan melalui ASI

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ASI merupakan obat sembelit pada bayiyang bisa berfungsi untuk mengatasi sembelit yang diderita oleh si bayi. Bagi ibu yang memberikan ASI, perlu untuk minum sebanyak 6 hingga 7 gelas air putih setiap harinya, dan konsumsi makanan yang mengandung banyak serat untuk mengobati sembelit yang diderita oleh bayi Anda.

  1. Perhatikan asupan makanan pendamping ASI (MPASI)

Perhatikan asupan makanan pada bayi Anda yang sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Karena takaran makanan pendamping ASI yang salah bisa menyebabkan sembelit pada bayi MPASI atau sembelit pada bayi 6 bulan. Karena di usia 6 bulan bayi pertama kali mengkonsumsi makanan pendamping ASI, apabila MPASI yang diberikan tidak sesuai dengan usia si bayi, maka sembelit akan terjadi. Memberikan makanan yang mengandung banyak serat pada bayi MPASI sangatlah tepat, seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Baca Juga : Makanan dan Buah untuk bayi 6 bulan

  1. Melakukan pijatan pada perut bayi

Melakukan pijatan di perut bayi mempunyai fungsi untuk mencegah adanya pelebaran pada usus bayi Anda. Karena pelebaran usus ini mempunyai dampak yang akan membuat bayi Anda merasakan sakit yang sangat hebat. Tips : Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

  1. Berikan cairan yang cukup pada bayi Anda

Menjaga cairan bayi Anda adalah salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit pada bayi Anda. Anda dapat memberikan bayi Anda air putih, karena air putih ini merupakan sumber cairan yang memberikan kesehatan bagi bayi Anda. Apabila bayi Anda tidak mau meminum air putih, Anda bisa menyiasati dengan memberikan sedikit jus apel ke dalam air putih yang akan diberikan.

Baca Juga Tips Bermanfaat lainnya :

Ibu Hamil & Bayi sering cegukan, inilah solusinya ?

Penyakit kuning pada bayi dan cara pencegahannya

Tips Mengatasi perut kembung pada bayi

Demikian adalah 6 cara alami yang bisa diberikan sebagai informasi kepada Anda untuk mengatasi sembelit pada bayi Anda. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari sembelit yang bisa Anda hindari, salah satunya adalah membiarkan bayi Anda mengkonsumsi ASI dan mengkonsumsi makanan bayi yang mengandung banyak serat.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :