Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan dan Perawatannya » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan dan Perawatannya

perkembangan bayi 3 bulan – Tiga bulan pertama merupakan fase krusial dalam pertumbuhan bayi. perkembangan bayi usia 3 bulan Selain masih beradaptasi dengan lingkungan baru, buah hati Anda pun mulai mempelajari hal-hal baru di sekitarnya. Anda dan pasangan, sebagai orangtua, perlu mempersiapkan beberapa detail lain seperti mengatur jadwal tidurnya, jam makan dan porsi bermain, serta imunisasi awal.

Baca Juga :

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Di bawah ini ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat bayi memasuki usia 3 bulan.

Perkembangan Fisik dan Gerak Tubuh

Dalam bulan ketiga, bayi sudah menunjukkan tumbuh kembang yang lebih baik secara fisik. Lantas, bayi usia 3 bulan bisa apa saja? Anda akan menemukan sang buah hati tidak gampang kaget, sebab refleks bawaan dari lahir tersebut perlahan menghilang. Bagian atas tubuhnya pun tampak lebih baik dari sebelumnya. Bayi dapat menyangga kepala dengan baik meski masih tertatih-tatih dan ini bisa menjadi pertanda baik dari otot leher buah hati Anda yang semakin menguat.

Salah satu hal yang dicemaskan ibu adalah bayi usia 3 bulan belum bisa tengkurap. Padahal, seharusnya Anda tidak perlu khawatir. Bayi di usia 3 atau 4 bulan masih perlu waktu untuk menggerakan tubuhnya. Tanpa bantuan dan panduan Anda, sang buah hati pasti akan kesulitan untuk menelungkupkan tubuhnya. Maka dari itu, latihlah bayi Anda dengan lembut dan sabar.

Dia pun mulai menyadari kontak antar pancaindra. Misalnya, mengamati gerakan tangan sendiri, mengisap jemarinya, atau menggunakan mainannya untuk menghibur diri. Bayi juga mulai menanggapi suara-suara yang muncul dan tertarik dengan warna atau pola kontras di sekitarnya. Selain itu, mimik wajah yang Anda buat mulai dia perhatikan. Maka, sering-seringlah mengobrol dengan menunjukkan ekspresi wajah berbeda supaya bisa dipelajari oleh bayi Anda.

Sistem Pencernaan

Perkembangan bayi usia 3 bulan dalam sistem pencernaan pun akan semakin baik. Ukuran lambungnya yang kian besar memungkinkan bayi untuk menerima asupan ASI lebih banyak. Sedangkan para ibu yang membutuhkan bantuan susu formula kerap mengajukan pertanyaan, “Untuk bayi usia 3 bulan minum susu berapa mili, ya?” Dalam hal ini, bayi setidaknya membutuhkan 180 hingga 200 ml dan diminum empat hingga lima kali sehari.

Kendati demikian, beberapa ibu khawatir jika sang buah hati tidak buang air besar (BAB) selama beberapa hari, misalnya, ada bayi usia 3 bulan tidak BAB 3 hari. Pada usia ini, normalnya bayi buang air besar sekitar satu hingga tujuh hari sekali. Ada beberapa kemungkinan jika bayi sembelit selama 3 hari, seperti sistem pencernaan yang masih lemah atau munculnya penyakit tertentu. Untuk memastikan dan mengobatinya dengan tepat, bawa bayi Anda ke rumah sakit.

Jadwal Tidur

Perkembangan Bayi 3 bulan , Anda mungkin masih kesulitan menidurkan bayi. Terkadang, sang buah hati bangun saat tengah malam. Anda harus membuat jadwal tidur dan bangun di jam-jam tertentu, serta mengenali polanya. Beberapa bayi ada yang terjaga, tetapi setelah dibiarkan beberapa menit akhirnya kembali terlelap. Jika bayi bangun di tengah malam, jangan langsung menggendongnya. Biarkan selama setengah jam untuk melihat hasilnya. Jika lewat dari waktu itu dia masih menangis, maka Anda bisa melakukan tindakan lain. Kalau bayi terjaga dan menangis karena popoknya basah atau lapar, Anda dapat mengganti popok atau menyusui dengan pencahayaan minim atau gelap agar bayi paham jika saat suasana di sekitarnya gelap, dia harus tidur.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :