Intip Fakta Menarik Seputar Penyakit cacar Air Pada Orang Dewasa » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Intip Fakta Menarik Seputar Penyakit cacar Air Pada Orang Dewasa

Orang dewasa mungkin memiliki sistem imunitas yang jauh lebih baik dari anak-anak dan bayi, namun tidak menjamin jika orang dewasa bebas dari penyakit, termasuk penyakit cacar air pada orang dewasa yang cukup merepotkan. Tanda-tanda penyakit cacar air mudah sekali untuk dilihat dan dirasakan oleh penderitanya dan untuk mengatasi cacar air, orang-orang memilih untuk berobat ke dokter dan meminum resep obatnya, agar proses pengobatan dan penyembuhan cacar air berjalan dengan cepat dan maksimal, intip serba serbi mengenai penyakit cacar air yang menyerang orang dewasa dan juga pantangan-pantangan yang harus dihindari oleh sang penderita:

Definisi Cacar Air

Cacar air atau chicken pox merupakan salah satu penyakit yang mudah menular baik di dalam ruangan yang tertutup dan ruangan yang terbuka, oleh karena itu para penderita cacar air sangat dianjurkan untuk tidak banyak keluar rumah karena khawatir dapat menulari orang lain. Cacar air disebabkan oleh suatu virus, yakni virus Varicella zoster, para penderita cacar air disarankan untuk banyak beristirahat maksimal selama 7-10 hari, mereka yang menderita penyakit cacar air akan merasakan panas yang diikuti oleh hidung meler/ingusan. Virus cacar air ini bisa ditularkan dari satu orang ke siapa saja sehingga tidak jarang terjadi kasus cacar air pada orang dewasa dan pengobatannya harus dilakukan dengan segera agar penyakit cepat sembuh dan virusnya menghilang.

Pendapat Ahli

Dr Laksmi Duarsa, SpKK mengungkapkan jika penyakit cacar air dapat menulari orang lain sejak 1-2 hari lebih tepatnya lagi sebelum luka cacar air penderita muncul, ketika penderita merasakan gejala pusing, mual, tidak enak badan, proses penularan bisa saja terjadi pada orang yang ada di sekitarnya danĀ  cara menyembuhkan cacar air pada orang dewasa yang dianjurkan adalah mendapatkan vaksinasi, mengapa demikian? karena menurut dr Ayu Partiwi, SpA, dari RS Bunda Menteng, orang dewasa mungkin memerlukan vaskin karena kondisi kulit mereka sudah tidak sebagus kulit anak-anak jadi jangan khawatir ketika penyakit cacar air pada orang dewasa yang Anda derita tidak kunjung sembuh, karena proses penyembuhannya memang tidak secepat anak-anak.

Pantangan

Cacar air pantangan, apa benar-benar ada? Saat seseorang menderita penyakit cacar air banyak yang menyarakan agar kulit tidak terkena air terlebih dahulu, artinya penderita tidak dianjurkan untuk membersihkan badan karena kahwatir cacar air menyebar ke daerah kulit di sekitarnya, padahal ini tidak benar lho! Mandi sangat penting dan harus tetap dilakukan meskipun Anda sedang menderita penyakit cacar air, karena kulit harus dijaga kebersihannya untuk mencegah infeksi bakteri dan untuk makanan, tidak ada pantangan makanan yang harus Anda hindari namun untuk pantangan terkena angin, sebaiknya memang dijalankan.

Dahulu banyak orang yang takut ketika mendengar penyakit ini, namun sekarang Anda tidak perlu taktu lagi ketika terserang penyakit cacar air pada orang dewasa, karena sudah ada vaskin yang bisa diberikan langsung ketika Anda didiagnosa positif terkena penyakit cacar air. Meskipun sudah ada vaskin yang diklaim efektif mengobati penyakit cacar air sekian persen, namun perawatan dan pengobatan sampingan harus tetap Anda lakukan sehingga cacar air tidak meninggalkan bekas di kulit badan bahkan kulit wajah, untuk itu Anda bisa mencegahnya dengan mengurangi interaksi langsung antara tangan dengan luka cacar air di muncul di kulit wajah maupun kulit badan.

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :