Perkembangan Bayi Anda Di Usia 11 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Perkembangan Bayi Anda Di Usia 11 Bulan

Perkembangan Bayi 11 Bulan – Sebagai seorang ibu, Anda akan merasa sangat bahagia dan menjadi orang yang paling bahagia ketika Anda melihat perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda setiap bulannya. Apa yang dialami pada saat perkembangan bayi usia 11 bulan? Di usia ini biasanya bayi telah menjadi diri mereka sendiri dan juga mereka membutuhkan pendamping yang bisa dijadikan sebagai teman untuk belajar dan bermain. Kira-kira perkembangan apa saja ketika bayi Anda sudah menginjak usia 11 bulan ya?

Perkembangan Bayi 11 Bulan

Pada perkembangan bayi usia 11 bulan, biasanya bayi Anda mulai bisa untuk mengelompokkan dan menyusun barang-barang, dan biasanya banyak bayi berusia 11 bulan yang mulai bisa memisahkan barang-barang miliknya dan barang-barang milik orang lain. Di usia 11 bulan, perkembangan pada bayi Anda adalah bisa duduk dengan tenang dan juga sudah bisa menunggu untuk Anda menceritakan cerita kepadanya. Dan biasanya di usia 11 bulan ini bayi Anda sudah banyak tumbuh gigi-gigi kecil pada gusinya, tetapi ada bayi usia 11 bulan belum tumbuh gigi juga.

Bayi usia 11 bulan belum tumbuh gigi

Bayi usia 11 bulan belum tumbuh gigi bisa disebabkan karena kurangnya rangsangan pada pertumbuhan rahang dan gigi si bayi. Pertumbuhan gigi pertama kali kurang lebih di usia 6 bulan. Pertama kali muncul adalah gigi seri yang tumbuh rata-rata di usia 6 hingga 10 bulan. Namun, waktu pertumbuhan gigi antara bayi Anda dengan bayi-bayi lain tidak selalu sama. Ada bayi yang pertumbuhan giginya sangat cepat, ada juga bayi yang pertumbuhan giginya lebih lambat dari bayi biasanya. Ada baiknya Anda memberikan makanan bertekstur yang lumayan kasar, karena makanan seperti itulah yang bisa merangsang otot untuk pertumbuhan gigi dan juga rahang. Kemungkinan gigi bayi belum tumbuh di usia 11 bulan yang lainnya adalah karena bayi yang dilahirkan secara prematur dan berat badan pada saat bayi tersebut lahir kurang dari semestinya, yang dikarenakan proses dari perkembangan dan pertumbuhannya belum betul-betul sempurna, termasuk pertumbuhan otot giginya.

Rekomendasi : Cara Alami Menambah Berat Badan Bayi

Makanan bayi usia 11 bulan keatas

Makanan bayi usia 11 bulan ke atas disebut sebagai makanan pendaamping ASI (MPASI), tapi ada baiknya Anda sebagai seorang ibu tetap mengutamakan memberikan ASI kepada bayi Anda hingga berusia 24 bulan atau 2 tahun. Makanan bayi usia 11 bulan ke atas ada baiknya yang mengandung gizi yang seimbang, protein, karbohidrat, mineral dan juga vitamin. Nasi merupakan sumber dari karbohidrat, lauk pauk seperti ikan merupakan sumber dari protein, dan sayur dan buah merupakan sumber dari vitamin dan mineral. Memberikan susu formula sebagai bantuan juga dianjurkan untuk menambah gizi untuk bayi Anda. Makanan yang bergizi untuk bayi usia 11 bulan ke atas aada baiknya disesuaikan dengan gizi seimbang dan jangan memaksakan berat badan si bayi harus bertambah, karena gerakan bayi usia ini sudah mulai aktif bergerak. Di usia inilah bayi mulai bisa untuk duduk dengan tegak, merangkak, dan mungkin berdiri merambat. Apabila berat badan bayi Anda terlalu berlebihan, bisa mengganggu gerakan dan mungkin saja bisa mengubah bentukan tulang bayi  Anda karena ketika bayi Anda berdiri, tulang bayi Anda tidak mampu untuk menopang tubuh bayi Anda yang memiliki berat badan yang berlebihan. Maka dari itu, sangat disarankan berat badan bayi haruslah ada di angka normal dan disesuaikan dengan usia bayi Anda.

Demikian adalah artikel mengenai perkembangan bayi di usia 11 bulan dan sedikit pengetahuan mengenai pertumbuhan gigi dan pola makan si kecil yang bisa Anda ikuti demi kesehatan dan perkembangan yang baik bagi bayi Anda.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :