Perkembangan Bayi Pada Usia 7 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Perkembangan Bayi Pada Usia 7 Bulan

Perkembangan Bayi – Tahukah Anda bayi usia 7 bulan sudah bisa apa dan ingin mengetahui bagaimanaperkembangan bayi usia 7 bulan? Bayi adalah salah satu generasi penerus bagi setiap pasangan dalam keluarga. Bayi adalah buah hati yang sangat ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri yang sudah menikah. Tahapan perkembangan bayi bisa sebelum lahir dan juga setelah lahir. Dalam topik ini akan dibahas tentang perkembangan bayi usia 7 bulan. Sehingga Anda bisa mengetahui bayi usia 7 bulan sudah bisa apa dalam perkembangannya setelah Anda asuh dan berikan kasih sayang sepenuhnya pada sang bayi.

Berikut ini ada beberapa perkembangan bayi usia 7 bulan yang bisa Anda ketahui :

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Bayi belum bisa duduk

Pada usia 7 bulan, bayi usia 7 bulan belum bisa duduk. Sehingga bagi orangtua ataupun yang mengurus bayi tersebut harus tetap menjaga bayi dengan baik. Karena bayi pada usia 7 bulan sangat rentan. Perlu Anda ketahui bahwa bayi usia 7 bulan belum bisa duduk sendiri. Bayi hanya bisa tengkurap ataupun bisa tersenyum pada saat orang disekelilingnya membuat bayi tersebut senyum. Selain itu, bayi juga sudah mulai bisa berguling, dan juga sudah bisa untuk tidur secara terlentang. Janganlah Anda mendudukkan bayi Anda karena sangat berbahaya dan bayi tentunya belum siap untuk duduk. Pada saatnya nanti pasti bayi juga akan mengalami duduk dengan sendirinya.

Sudah mulai bergerak aktif

Dalam perkembangan bayi usia 7 bulan, bayi sudah mulai bergerak secara aktif. Bagi orangtua ataupun orang-orang yang berada di sekelilingnya bisa menjaga bayi dengan baik dan benar. Karena tentunya bayi sudah mulai bisa memegang barang atau sesuatu yang berada di dekatnya. Awasi dengan baik apa yang bayi pegang. Sehingga barang yang ada di dekat sang bayi tidak membahayakan tubuh bayi dan juga tentunya tidak membuat bayi menjadi terluka. Jika Anda menjaga bayi Anda dengan baik, kemungkinan bayi tidak akan terluka karena barang-barang yang berbahaya untuk tubuh bayi.

Sudah mulai mengenal orang-orang disekelilingnya

Beberapa perkembangan bayi usia 7 bulan yang selanjutnya yang bisa Anda ketahui adalah bayi sudah mulai mengenal anggota keluarga ataupun orang yang sering berada disekelilingnya. Bayi akan merasa nyaman dan aman ketika orang yang selalu ada disampingnya menjaganya. Bayi mengenal orang-orang disekelilingnya dengan cara mencium bau badan sang ibu ataupun yang lainnya. bisa juga bayi melihat ketiak orang yang menggendongnya. Dapat dilihat apakah bayi nyaman atau tidak digendong oleh orang lain. Biasanya jika bayi nyaman, dia akan diam dan mungkin senang jika digendong. Namun sebaliknya jika bayi menangis maka dia takut dengan orang tersebut atau mungkin tidak merasa nyaman.

Pelajari juga :

Mengkonsumsi makanan tertentu

Dalam tahapan perkembangan bayi usia 7 bulan, bayi sudah mulai bisa mengkonsumsi makanan selain dari ASI ataupun susu formula. Makanan bayi usia 7 bulan keatas yang bisa Anda berikan adalah makanan yang lembek sehingga mudah ditelan dan dicerna oleh bayi. Makanan yang bisa Anda berikan pada bayi usia 7 bulan keatas adalah bubur tim dan juga dapat Anda tambahkan dengan hati ayam. Anda dapat mencampurkannya sampai benar-benar lembut dan bisa dikonsumsi oleh bayi. Selain itu Anda juga bisa memberikan bubur dari buah alpukat. Karena buah alpukat memiliki daging yang lembut dan kaya akan nutrisi. Sehingga bayi Anda akan sangat baik menyerap nutrisi pada buah alpukat jika dikonsumsi dalam tubuh bayi. Baca juga : Makanan Bergizi Untuk Bayi

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :