Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan yang Perlu Anda Ketahui » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan Bayi 5 Bulan – Sungguh menyenangkan ketika melihat perkembangan dari bayi kita semakin pesat dan semakin pintar dalam beraksi. Usia antara 0 hingga 1 tahun merupakan saat-saat paling menyenangkan dan mendebarkan ketika bayi mulai bertransformasi dari yang tidak bisa apa-apa hanya berbaring saja sampai bisa berusaha bangkit hingga pada saatnya akan berjalan dengan tegap menggunakan dua kaki mungilnya. Adapun hal-hal membahagiakan lainnya seperti mulai bersuara, mengoceh dan berkelakar membuat hiburan tersendiri yang menggemaskan. Berikut ini kami jabarkan sedikit kriteria bayi yang mulai menginjak usia-usia pertumbuhan alami di saat usia bulanan, mari kita simak sebagai referensi para ibu di rumah!

Baca Juga :

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Usia 5 Bulan yang Menunjukkan Perkembangan Pesat Sang Bayi

            Di saat bayi mulai menginjak usia lima bulanan kita akan melihat begitu banyak perubahan serta peningkatan gerak-gerik si bayi. Perkembangan bayi usia 5 bulan bisa dilihat dari mulai mengeluarkan suara ocehan lucu atau biasa disebut bahasa bayi, kemudian bermain alir liur dan lidah serta memainkan bibirnya yang imut dan mungil. Guna mengajarkan bagaimana bayi berbicara, jangan pernah mengabaikan ocehan bayi, tetapi buatlah seakan-akan Anda mengerti dan balaslah dengan ucapan yang lembut dan penuh kasih sayang, tataplah mata bayi Anda sepenuh hati, dengan begitu bayi akan berusaha berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya. Bayi usia 5 bulan sudah bisa apa saja? banyak hal yang telah dapat dilakukan si bayi, seperti mencoba untuk duduk dan bertahan selama mungkin dalam posisi tersebut, menunjukkan keinginan yang kuat. Selalu awasi dan berada sedekat mungkin dengan si bayi kalau-kalau ada sesuatu terjadi Anda bisa dengan cepat mengantisipasi. Berikan selalu perlindungan agar bayi bisa duduk dengan aman dan nyaman pada posisinya. Kepalanya pun saat itu sudah bisa dengan kuat menyangga serta berada pada posisi tegak, apabila lelah Anda bisa segera memeganginya dan memberikan sandaran supaya bayi bisa beristirahat kemudian melanjutkan bermain kembali.

            Di usia 5 bulan pun bayi sudah bisa diajak bermain serta diperdengarkan suara-suara menarik agar motorik serta pendengarannya bisa terkoordinasi dengan baik serta maksimal. Berikan mainan yang aman dan berbahan yang lembut agar bisa digenggam oleh bayi serta dimainkan atau dipukulkan ke lantai tidak menimbulkan cedera dan iritasi. Usahakan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya bermain karena biasanya pula barang-barang di sekitar bayi akan dipegang dan dimasukkan ke dalam mulutnya yang mungil. Selalu perkenalkan bayi dengan hal-hal yang baru, serta perkenalkan pada bentuk-bentuk, beragam macam warna terang dan menarik agar segala inderanya terstimulasi dengan baik.

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Bayi Berusia 5 Bulan?

Bayi akan mengalami perubahan dalam bentuk fisik dan berat badan bayi usia 5 bulan berkisar antara lima sampai tujuh kilogram menurut tabel berat badan yang disarankan. Jika kurang atau lebih dari itu, bisa dikonsultasikan dengan ahli gizi, bidan ataupun dokter anak yang sudah ahli. Saat itu bayi sudah bisa memasukkan apapun ke dalam mulut, hanya saja bagi pencernaannya masih belum siap menerima sesuatu asing selain Air Susu Ibu yang menjadi makanan utamanya. Makanan bayi usia 5 bulan biasanya masih belum dapat disandingkan dengan makanan pendamping, untuk mencapai itu, harus menunggu sekitar bulan keenam agar bayi siap. Saat bayi usia 5 bulan belum bisa tengkurap, perlu diperiksakan pada dokter atau bidan, kalau-kalau tulangnya belum bisa menopang secara kuat. itulah perkembangan bayi 5 bulan yang dapat dipelajari.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :