Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Tahukah Anda apa saja informasi Perkembangan Bayi usia 6 bulan yang dialami? Masa enam bulan merupakan salah satu masa yang membahagiakan bagi anak untuk membuat orang tuanya berdecak kagum. Kekaguman ini sekaligus merupakan salah satu rasa syukur yang tak terkira jumlahnya dalam masa perkembangan bayi. Pada masa ini akan banyak sekali hal yang akan dialami oleh pada Ibu dan Ayah di rumah. Misalnya saja bayi akan mulai belajar berkomunikasi dan mengkonsumsi makanan padat. Berikut ini akan dijelaskan mengenai informasi pertumbuhan bayi usia 6 bulan yang harus diketahui.

Perkembangan Bayi usia 6 Bulan

Adapun informasi perkembangan bayi usia 6 bulan yang harus diketahui yaitu

Berat Bayi Usia 6 Bulan

Ketika anak memasuki usia enam 6 bulan setelah kelahirannya maka akan ada perkembangan bayi usia 6 bulan yang berupa pertambahan berat badan. Berat badan yang bertambah  hingga 1,5 kg. Namun apabila Anda ingin mengukur kesehatan bayi maka kurang lebih pertambahannya adalah dua kali lipat berat bayi sewaktu lahir. Akan tetapi apabila mengalami perlambatan atau kurang dari pertambahan berat badan minimal alangkah baiknya jika konsultasikan mengenai gizi ke dokter spesialis anak.

Pada perkembangan berat badan bayi maka alangkah baiknya jika pengetahuan akan lebih maksimal dilakukan dengan melakukan timbangan selama enam bulan secara teratur. Menjalani timbangan akan mendapatkan berat bayi usia enam bulan dengan pasti. Jika dirasakan kurang berat badan usia 6 bulan akan diberikan penyuluhan mengenai jenis makanan yang sebaiknya diberikan.

Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Pada usia ini makanan bayi usia 6 bulan harus diperhatikan tak hanya kebersihannya. Namun komposisi yang diberikan harus tepat. Untuk makanan anak usia 6 bulan sudah mulai mengkonsumsi makanan padat seperti yang dijelaskan diatas. Beberapa jenis makanan yang dapat diberikan adalah bubur susu. Selain bubur susu sebaiknya bayi usia 6 bulan mulailah dengan memperkenalkan buah dan sayur satu persatu. Salah satu buah yang mudah dicerna dengan menyisir dengan sendok adalah pisang dan pepaya. Dengan mengkonsumsi makanan dengan bergantian akan membantu mengetahui mengenai buah dan makanan mana saja yang disukainya. Produk susu seperti yogurt dan keju boleh diberikan selama bayi suka dengan makanan ini. Makanan yang sebaiknya dihindari dan diberikan pada usia satu tahun adalah madu dan susu sapi. Sedangkan makanan yang harus dihindari karena dapat menimbulkan alergi yaitu buah berry, putih telur, coklat, kacang tanah, cumi, kacang kedelai, kerang dan masih banyak lainnya.

Tahap perkembangan usia 6 bulan

Tahap perkembangan bayi usia 6 bulan sudah bisa apa saja pasti hal ini yang ada dibenak kita yang belum pernah memiliki bayi. Usia 6 bulan bayi sudah bisa tersenyum, tertawa dan juga berceloteh dengan beberapa kata yang sama dan diulang-ulang. Misalnya saja mamama, dadada dan papapa kata ini yang biasanya diucapkan. Apabila mendengar bayi Anda berceloteh demikian maka sebaiknya tanggapi dan juga berkomunikasi dengannya. Dengan begitu maka anak akan bermain dengan Anda dengan lebih mudah diajak berkomunikasi secara baik.

Baca Juga : Memantau Perkembangan Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan Belum bisa duduk ?

Biasanya bayi dengan usia 6 bulan akan mengambil sesuatu yang berada jauh darinya dengan merangkak. Kadang jika lelah bayi tersebut akan duduk dari merangkak namun bagaimana bayi usia 6 bulan belum bisa duduk? Anda tak perlu cemas karena hal ini biasanya karena setiap anak ada yang pertumbuhannya cepat juga bisa memerlukan waktu. itulah perkembangan bayi 6 bulan, semoga bermanfaat.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :