Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi 1 bulan. Pada usia 1 bulan, bayi sudah mengalami berbagai perkembangan yang cukup banyak. Pada usia 1 bulan, bayi mengalami perkembangan pada indera penglihatannya.Akan tetapi, bayi hanya dapat melihat jelas pada jarak sekitar 25 centimeter. Pada jarak ini bayi dapat melihat jelas apa yang ada di depannya. Bayi juga lebih tertarik melihat wajah manusia dan juga sesuatu yang bulat berwarna kontras.

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Ia juga sudah mulai menggerakkan bola matanya ke kanan ataupun ke kiri dengan sedikit gerakan kepala. Namun kadang si bayi akan juling, hal tersebut terjadi karena bayi sedang fokus melihat sesuatu atau benda yang ada di depannya. Jangan khawatir ketika hal tersebut terjadi, karena hal tersebut adalah normal, dan nantinya bola matanya akan kembali seperti semula.

Indera Penciuman

Selain indera penglihatan, perkembangan bayi usia 1 bulanjuga terlihat dari indera penciuman. Bayi sudah dapat membedakan bau ASI dan juga bau puting susu ibu. Biasanya saat bayi lapar, ia akan mulai menangis. Selain menangis, saat ia lapar jika pipinya di pegang dengan jari, ia akan mengikuti arah gerakan jari tersebut. Bayi juga sudah mulai peka dengan apa yang ada di sekitarnya.Indera penciuman bayi yang seperti ini menandakan bahwa ia juga sudah bisa membedakan bau-bau yang ada di sekelilingnya.

Indera Pendengaran

Perkembangan bayi usia 1 bulan yang selanjutnya yaitu terjadi pada indera pendengarannya. Walaupun belum begitu sempurna, namun bayi sudah dapat menangkap suara yang ada di sekitarnya. Sebenarnya saat masih di dalam kandungan, janin atau bayi juga sudah bisa mendengar apa yang ada di sekelilingnya. Bayi pada usia satu bulan, biasanya akan lebih hafal suara ibunya, karena pada saat di dalam kandungan ia lebih sering mendengar suara ibunya. Terlebih setelah ia lahir, ia akan dirawat oleh ibunya, hal inilah yang membuat bayi lebih hafal dengan suara ibunya.

Pada usia 1 bulan, bayi juga dapat melakukan suatu cara agar tidak mendengar apa yang ada di sekitarnya. Hal tersebut dilakukan bayi karena ia akan lebih mudah tidur untuk istirahat,sehingga ia mengabaikan suara-suara yang ada di sekitarnya. Hal ini dapat ditandai dengan bayi yang tidur pulas dan dalam waktu sampai beberapa jam.

Indera Perasaan

Setelah itu adalah perkembangan bayi usia 1 bulan juga terjadi pada indera perasanya. Walaupun ia masih bayi, namun ia sudah dapat membedakan rasa makanan yang masuk ke mulutnya,khususnya ASI. ASI adalah makanan pokok dan wajib untuk bayi, sehingga ia akan lebih merasakan dan hafal bagaimana rasa ASI itu. Biasanya bayi akan lebih menyukai rasa manis daripada rasa yang lainnya.  apakah bayi anda cukup asi , silahkan baca tanda-tanda bayi cukup asi

Bayi biasanya juga sudah melakukan rangsangan, seperti saat lapar, ia akan menangis atau rewel, kemudian ketika popoknya basah ia juga akan rewel. Jadi sebagai ibu atau orang tua harus tanggap tanggap dengan tanda-tanda yang ditunjukkan oleh bayi ketika menangis. mungkin saat ini Makanan Bergizi untuk bayi belum saatnya di berikan karena usia masih 1 bulan,

Baca Juga :

Untuk membantu menunjang perkembangan bayi usia 1 bulan, anda harus lebih teliti dan waspada terhadap asupan nutrisi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh bayi. Pada usia ini, biasanya bayi hanya mengkonsumsi ASI, jadi anda harus memperhatikan semua makanan yang anda konsumsi. Ini karena apapun yang anda makan, akan masuk juga ke dalam tubuh bayi melalui ASI. Tidak jarang juga bayi mengalami alergi atas makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Pada saat bayi berusia 1 bulan, anda disarankan untuk memberikan ASI eksklusif agar tumbuh kembang bayi bisa semakin optimal.

Itulah beberapa perkembangan bayi usia 1 bulan yang bisa anda jadikan acuan. Semoga bermanfaat.

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :