10 tanda kehamilan kembar yang harus kalian ketahui » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

10 tanda kehamilan kembar yang harus kalian ketahui

10 tanda kehamilan kembar yang harus kalian ketahui. Saat Anda hamil di bulan pertama Anda akan mengalami perubahan yang berbeda dari pada kehamilan normal. Jika Anda membaca tulisan dibawah ini, Anda akan segera mengetahui dan memastikan keakuratannya dari 10 tanda perubahan pada tubuh Anda saat ibu hamil kembar. Silakan baca dengan teliti ulasannya di bawah ini untuk mengetahui kemungkinan hamil kembar !

10 tanda kehamilan kembar yang harus kalian ketahui

  • Berdasarkan konsentrasi HcG

Karena berbagai alasan, dokter dapat memantau kadar HcG (human chorionic gonadotropin). HcG adalah hormon yang ditemukan dalam darah atau air kencing wanita setelah pembuahan selama 10 hari dan konsentrasi ini meningkat pada tingkat yang sangat cepat selama 10 minggu berikutnya. Wanita dengan kehamilan kembar mungkin memiliki kadar HCG lebih tinggi dari biasanya. Dokter bisa menentukan ini melalui tes.

  • Tingkat AFP dalam darah

AFP (Alphafetoprotein) adalah tes darah yang dilakukan pada wanita hamil 6 bulan atau lebih – juga dikenal sebagai tes serum kehamilan. Ini adalah tes yang mengidentifikasi peningkatan risiko beberapa malformasi kongenital dan mungkin juga menunjukkan apakah wanita hamil kembar.

  • Denyut jantung janin

Pada bulan ketiga kehamilan, Anda bisa meminta dokter Anda mengukur detak jantung Anda untuk menentukan apakah Anda mengandung bayi kembar. Ini adalah diagnosis yang benar-benar tidak berbahaya namun terkadang tidak akurat, karena Anda mungkin mendapati bahwa lebih dari satu detak jantung disebabkan oleh kebingungan di perut ibu. Artikel Terkait : Perkembangan Janin

  • Memiliki berat lebih dari biasanya

Wanita yang memiliki kehamilan kembar cenderung mendapatkan berat badan lebih banyak dari pada wanita hamil normal. Bobot seorang wanita selama kehamilan mungkin bergantung pada tinggi badan, tipe tubuh, dan berat badan sebelum kehamilan, namun berat badan terlalu cepat dalam waktu singkat dapat berarti bahwa Anda membawa lebih dari bayi di dalam perut. Baca Juga : Berat Badan Bayi

  • Morning Sickness Parah

Sekitar 50% wanita hamil mengalami mual atau muntah selama kehamilan. Ini sama untuk ibu hamil tapi tidak berarti hamil kembar. Hanya sekitar 15% kehamilan pada wanita hamil yang mengalami morning sickness parah.

  • Gerakan janin lebih banyak

Rasa tidak nyaman bagi wanita hamil dan merasa tidak sehat, karena banyak gerakan janin, tapi bagi wanita yang memiliki bayi kembar, hal itu cenderung terjadi sangat dini dan seringkali lebih sering dari biasanya . Ini juga pertanda Anda sadar bahwa Anda hamil lebih dari satu bayi atau tidak.  Rekomendasi : Tahap Perkembangan Janin

  • Perut lebih besar dari usia gestasi

Selama kehamilan, hampir setiap wanita diukur di perut. Perut yang lebih besar dari biasanya bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimana bayi kembar juga merupakan contoh kasusnya.

  • Kelelahan terus menerus

Inilah gejala yang paling umum dari ibu hamil kembar. Kantuk, muntah, dan kelelahan selama trimester pertama bisa lebih parah karena tubuh ibu harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan nutrisi janin. Dalam beberapa kasus, kelelahan mungkin disebabkan oleh faktor lain (kerja, stres, gizi buruk).

  • Riwayat keluarga

Terkadang intuisi seorang ibu juga bisa merasakan dirinya menjadi kembar. Selain itu, riwayat keluarga juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan perasaan Anda. Wanita dalam keluarga dengan kelahiran kembar lebih cenderung memiliki anak kembar daripada yang lain. Tapi ingat, Anda seharusnya tidak “mendiagnosa” diri Anda sendiri, tapi bicarakan dengan dokter Anda tentang riwayat keluarga atau firasat Anda untuk mendapatkan bantuan yang benar.

  • Melalui gambar ultrasuara

Cara paling akurat untuk memastikan apakah Anda hamil kembar atau tidak adalah dengan melihat hasil ultrasound. Melalui gambar ultrasound, ibu akan dengan mudah mengenali dua kantung amniotik di samping satu sama lain. Jika Anda tidak mengenali ini, dokter prenatal Anda dapat mengetahui kehamilan Anda.

Itulah tanda kehamilan kembar , silahkan baca-baca artikel menarik lainnya seperti : Perkembangan Janin 2 Bulan, Perkembangan Bayi 1 Bulan

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :