Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI

Tanda bayi cukup ASI bukan hanya ditunjukkan dari berat badan yang sesuai dengan umurnya, akan juga kemampuan motorik dan kecerdasan bayi juga menjadi salah satu tanda bayi yang sebaiknya menjadi perhatian ibu saat memenuhi asupan ASI sang buah hati. Tidak sedikit ibut yang mengalami masalah dengan produksi ASI, namun cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah ASI Anda mencukupi kebutuhan bayi adalah saat bayi melepaskan isapannya pada saat menyusui bila sudah merasa kenyang, jadi jangan Anda yang melepasnya, bila sang bayi berhenti sejenak, mungkin bayi sedang dalam proses menelan ASI, dan akan meneruskannya kembali.

Tanda bayi cukup ASI eksklusif

Beberapa tanda bayi yang kebutuhan ASI-nya terpenuhi adalah :

  • Setelah menyusu, sang bayi kelihatan tenang dan kenyang
  • Berat badan bertambah saat memasuk 2 minggu pertama sekitar 5-10 ons, dan minggu selanjutnya bertambah 2,5-4,5 ons/minggu
  • Payudara terasa lebih lembek dan kosong, karena bayi sudah mengosongkan ASI didalamnya
  • Saat pipinya dicubit dengan lembut, pipi bayi merona dan kencang
  • Bayi BAB 2 kali sehari berwarna kuning atau gelap, dan berubah lebih cerah saat sudah memasuki usia 15 hari.

Tanda ASI cukup bagi bayi

Beberapa tanda ASI cukup bagi bayi yang bisa dilihat dan dirasakan adalah :

  • Terasa berat badan bayi lebih meningkat setelah menkonsumsi ASI, dibandingkan sebelum menyusui
  • Tidur bayi lebih pulas, dan hanya bangun bila buang air kecil
  • Ibu merasa pada saat menyusui ASI mengalir dengan deras
  • Sesudah menyusui bayi tidak lagi memberikan reaksi seperti mau menyusui lagi, meskipun disentuh pipinya.
  • Pertumbuhan bayi cukup baik, seperti kulit kenyal dan lemabab, turgor pada kulit negatif,
  • Berat badan bayi terus bertambah setiap bulannya sesuai dengan umurnya.
  • Bila berat badan bayi berkurang, maka dalam waktu sekitar 2 minggu berat bayi dapat kembali lagi.

Contoh pengertian bayi cukup ASI

Para ibu seringkali khawatir dengan kecukupan ASI yang dikonsumsi oleh buah hati, ketidak tahuan ibu tentang kebutuhan sehari seorang bayi akan ASI membuat perasaan tidak mampu memberikan ASI eksklusif terkadang datang, apalagi bila memiliki bayi laki-laki, yang nampak haus terus, atau menunjukkan gejala kehausan dengan mengeluarkan suara tangisan atau rewel. Kebutuhan ASI pada bayi yang baru saja lahir adalah 60 ml BB perhari, dan setiap hari akan bertambah mencapapi 200 1/kg/BB perhari, sampai hari ke -14. Bila persediaan ASI ibu bisa memenuhi kebutuhan tersebut, maka bisa dipastikan kalau bayi Anda cukup ASI. Cara mudah untuk mengetahui jumlah asupan ASI yang dikonsumsi bayi adalah dengan menimbang bayi sebelum menyusui, setelah itu berikan ASI selama 30 menit (setiap payudara 15 menit), setelah itu lakukan penimbangan berat bayi, selisih dari berat bayi sebelum dan sesudah menyusui merupakan jumlah ASI yang dikonsumsinya.

Tanda bayi cukup ASI selanjutnya adalah bayi setiap hari buang air kecil, dan buang air besar 1 kali sehari, bila bayi Anda tidak BAB selama beberapa hari, maka itu sebuah pertanda bahwa bayi Anda kekurangan asupan ASI.

Demikianlah beberapa tanda bayi cukup ASI, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, bila Anda termasuk ibu yang memiliki kandungan isi payudara yang tidak seimbang antara yang sebelah kanan dan kiri, maka hal tersebut bukanlah penghalang untuk pemberian ASI kepada buah hati, tetap terus berikan kepada bayi, karena semakin sering dihisap oleh bayi maka akan merangsan sel-sel dan jaringan payudara untuk memproduksi ASI.

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :