Tips Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Tips Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Sering sekali bayi anda menjadi rewel dan seakan merasa tidak nyaman. Kadang orang  tua mereka menganggap itu hal yang wajar ketika bayi mereka mengalami hal tersebut. Namun anda harus benar-benar mengetahui apakah hal tersebut memang wajar atau bisa saja bayi anda mengalami gejala perut kembung. Karena pada saat bayi merasa perutnya kembung mereka juga akan lebih rewel karena mereka merasa tidak nyaman dengan keadaan perutnya.

Penyebab dan Tanda-Tanda Perut Kembung Pada Bayi

Gas dan udara memang terdapat didalam tubuh pada bagian perut si bayi. Hal yang jadi masalah adalah apabila gas yang berada didalam perut menumpuk didalam perut bayi. Sehingga gas yang berada didalam perut bayi mempunyai kapasitas yang berlebihan. Hal itulah yang menjadi penyebab terjadinya perut kembung pada bayi baru lahir. Untuk orang dewasa mungkin mengeluarkan gas didalam perut lebih mudah. Tetapi tidak untuk perut kembung pada  bayi 1 bulan, mereka pasti membutuhkan bantuan anda untuk dapat mengeluarkan gas yang berada didalam perut bayi. Anda dapat melihat gejala atau tanda-tanda apabila bayi anda mengalami perut kembung, yaitu bayi sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya kearah belakang, mengangkat kedua kakinya, sering melakukan buang angin dan tidak seperti biasanya, perut menjadi lebih keras, ketika anda menepuk-nepuk dengan pelan perut bayi seperti tidak biasanya, dan yang pasti bayi menjadi lebih rewel dan sering menangis. Anda sebagai orang tua tidak perlu panik jika hal ini terjadi pada bayi anda. Anda dapat melakukan beberapa hal untukmengatasi perut kembung pada bayi anda.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi perut kembung. Cara ini dapat dipraktekan oleh anda untuk bayi yang baru lahir hingga untukmengatasi perut kembung pada bayi usia 2 bulan.

  • Melakukan sebuah tepukan yang lembut untuk bayi pada bagian punggung

Jika bayi sedang merasakan perut kembung dan mulai rewel, anda dapat melakukan sebuah tepukan yang lembut untuk bayi pada bagian punggungnya. Cara ini dapat anda lakukan kurang lebih satu sampai dengan dua menit sambil menggedong bayi anda. Dengan melakukan sebuah tepukan yang lembut pada bagian punggung bayi maka akan menurunkan bayi dari rasa perut kembung sehingga bayi akan bersendawa.

  • Mengajak Bayi Untuk Tetap Bermain

Ajaklah bayi anda untuk tetap bermain dan bergerak dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Karena dengan cara tersebut bayi akan menjadi lebih aktif dan membantu bayi untuk dapat mengeluarkan gas yang berada didalam perut bayi. Perut kembung pada bayi akan hilang pada saat bayi bersendawa ketika sedang bermain dan bergerak.

  • Memberikan Posisi Yang Tepat Pada Bayi Ketika Memberikan Makanan

Ketika anda memberikan asupan makanan atau memberikan susu kepada bayi pastikan posisi tubuh bayai berada diposisi yang tepat. Posisi yang tepat dan baik untuk bayi adalah kepala bayi harus lebih tinggi dibanding dengan perut bayi. Posisi botol susu juga harus lebih naik atau miring keatas, agar pada bagian dot bayi tidak terdapat udara atau gelembung udara yang dapat membuat bayi merasa kembung.

  • Berikan Air Hangat Untuk Bayi

Pada saat bayi anda merasa perutnya kembung, maka anda harus memberikan sedikit air hangat untuk diminum oleh bayi anda. Selain untuk minum, anda juga dapat menggunakannya untuk mandi bayi. Dengan cara tersebut dapat membantu bayi untuk meredakan perut kembung. Cara ini juga dapat anda lakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi 3 minggu

Related Post

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :