Tumbuh Kembang Bayi Usia 2 Bulan dan Perawatannya » Perkembangan Janin dan Bayi - Perkembangan Janin dan Bayi

Menu

Tumbuh Kembang Bayi Usia 2 Bulan dan Perawatannya

Perkembangan Bayi 2 Bulan – Selepas proses persalinan, seorang ibu baru akan mencurahkan semua perhatiannya pada sang buah hati. Anda pastinya tidak akan melewatkan setiap hal yang dilakukan bayi dari hitungan minggu hingga bulan, sehingga dapat mempelajari tumbuh kembangnya dengan baik. Setelah melewati satu bulan pertama, rasa cemas dan ragu-ragu seorang ibu berangsur hilang. Namun, itu bukan berarti Anda luput mengawasi perkembangan bayi 2 bulan.

Baca Juga :

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Di bawah ini ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat bayi memasuki usia 2 bulan.

Perkembangan Fisik

Normalnya, berat bayi 2 bulan berada di kisaran 4 hingga 5 kilogram. Berat badan ini akan banyak dipengaruhi dari cara ibu memberi asupan makanan bagi tubuhnya, terutama ASI. Pemberian ASI yang tepat juga akan mempengaruhi perkembangan pancaindra bayi. Kendati begitu, ada beberapa pantangan yang perlu dipatuhi dalam urusan perut. Bayi 2 bulan makan pisang merupakan sebuah larangan, sebab sistem pencernaannya masih lemah dan belum berkembang baik. Jika dipaksakan, bayi malah akan terserang penyakit seperti diare hingga radang usus.

Di usia 2 bulan, bayi mampu melihat objek dari jarak kurang lebih 18 inci. Sebelum masuk bulan ke-3, bayi mulai tertarik pada objek bergerak seperti binatang, air, atau orang-orang di sekitarnya. Bayi juga akan terbiasa dengan suara, karena pendengarannya mulai berkembang. Sebagai ibu, sering-sering ajak dia mengobrol, karena buah hati Anda akan senang mendengar suara Anda. Bayi di usia 2 bulan pun mulai mampu menyangga kepala mesi kadang goyah dan dia dapat menengadahkan kepala saat badannya ditelungkupkan atau dalam posisi tegak.

Kebiasaan dan Mainan Bayi

Di usia 2 bulan, Anda akan menemukan sang buah hati sesekali mengisap ibu jarinya. Anda tidak perlu cemas, karena kebiasaan tersebut merupakan salah satu refleks dari masa pertumbuhannya dan cara sang bayi dalam menghibur diri. Namun, ada baiknya Anda membatasi kebiasaan tersebut jika dilakukan terlalu sering.

Karena bayi mulai tertarik dengan benda-benda di sekitarnya, Anda dapat mempersiapkan mainan khusus untuknya. Rekomendasi mainan bayi 2 bulan di antaranya adalah mainan gantung untuk merangsang indra penglihatannya, musik lembut atau khusus bayi untuk melatih pendengarannya, serta boneka berbahan lembut untuk meningkatkan komunikasi atau menemaninya bermain dengan Anda. Buku gambar berkontras tinggi disarankan untuk mengembangkan emosi bayi dengan membacakannya dalam suara keras sebelum tidur.

Komunikasi dan Bahasa

Salah satu perilaku bayi 2 bulan yang perlu diperhatikan adalah caranya berkomunikasi dengan Anda. Di usianya yang masih sangat muda, bayi belum memiliki kemampuan bicara dan masih menggunakan tangisan untuk menyampaikan keinginannya. Kendati pusing atau lelah menanggapinya, Anda perlu mengamati pola tangisan sang buah hati. Beberapa tangisan bisa diiringi jeritan panjang, senggukan, hingga berceloteh. Jenis tangisan yang berbeda dapat berarti keinginan yang berbeda pula.

Anda juga tidak bisa meremehkan kemampuan bahasa bayi di usia 2 bulan. Memasuki bulan ini, bayi memperhatikan bagaimana ibunya bicara dan menggerakan anggota tubuhnya. Maka, tak jarang dia mulai mengimitasi ucapan Anda meski hanya dengan celetukan seperti ah, eh, atau oh. Mengajaknya mengobrol akan terus menstimulasi kemampuan berbahasanya. Sang buah hati lambat laun akan terbiasa mendengarkan suaranya sendiri dan melatih lidahnya untuk terus bergerak. Sikap serta tingkah polosnya ini tentu akan membuat Anda gemas dan semangat untuk terus mengawasi dan mempelajari tumbuh kembangnya.

Informasi dibawah semoga bermanfaat untuk anda :